Angry On Fire Flame Bear

Konsep Dasar Media Pembelajaran TIK


Konsep Dasar Media Pembelajaran TIK
Hasil gambar untuk Konsep Dasar Media Pembelajaran TIK
I.          Pengertian Media
Media merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan (Criticos, 1996)
Media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran (Schramm,1977)
Media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya (Briggs,1977)
II.          Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
·         Pengertian Teknologi
Secara harafiah teknologi berasala dari bahasa Latin “texere” yang berati menyusun atau membangun, sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, teknologi adalah cara menggunakan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah praktis.
·         Pengertian Informasi
Informasi adalah sejumlah data yang telah diolah melalui pengolahan data dalam rangka menguji tingkat kebenarannya dan ketercapaiannya sesuai kebutuhan. Sedangkan data merupakan bahan mentahnya. Tiga hal penting yang harus diperhatikan dari informasi, yaitu :
Ø  Informasi merupakan hasil pengolahan data
Ø  Memberikan makna
Ø  Bermanfaat
Ciri-ciri informasi yang berkualitas menurut Mc. Leod (1997) yaitu,
a)      Akurat, artinya informasi mencerminkan keadaan sebenarnya
b)      Tepat waktu, artinya informasi harus ada saat diperlukan
c)       Relevan, informasi yang diberikan harus sesuai yang dibutuhkan
d)      Lengkap, artinya informasi harus utuh, tidak setengah-setengah
Jenis-jenis informasi meliputi :
1.      Absolute Information, yaitu jenis informasi yang disajikan dengan suatu jaminan dan tidak membutuhkan penjelasan lebih lanjut.
2.      Substitutional Information, yaitu jenis informasi yang merujuk kepada kasus dimana konsep informasi digunakan untuk sejumlah informasi.
3.      Philosophic Information, yaitu jenis informasi yang berkaitan dengan konsep-konsep yang menghubungkan informasi pada pengetahuan dan kebijakan.
4.      Subjective Information, yaitu jenis informasi yang berkaitan dengan perasaan dan emosi manusia.
5.      Objective Information, yaitu jenis informasi yang merujuk karakter logis informasi tertentu.
6.      Curtural Information, yaitu informasi yang memberikan tekanan pada dimensi kurtural.
·         Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan, materi pelajaran) dari suatu pihak ke pihak yang lain agar terjadi saling memengaruhi diantara keduanya. Komunikasi sebagai suatu proses dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu proses primer dan proses sekunder. Proses primer adalah proses komunikasi langsung tanpa adanya media yang dapat memanipulasi dan melipatgandakan jumlah penerima pesan. Sedangkan komunikasi dalam proses sekunder berlangsung dengan bantuan mekanisme yang dapat melipatgandakan jumlah penerima pesan atau ditujukan untuk mengatasi berbagai macam hambatan fisik/kebendaan/jasadiah yang akan menghalangi proses komunikasi primer.
III.          Ruang Lingkup mata pelajaran TIK
Ruang lingkup mata pelajaran TIK aspek-aspek sebagai berikut:
1.           Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi
2.           Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya
IV.          Tujuan mata pelajaran TIK
a.       Aspek kognitif, mengetahui, mengenal, atau memahami TIK
b.      Aspek afektif, dapat bersifat kristis, kreatif, apresiasif, dan mandiri dalam penggunaan TIK
c.       Aspek Psikomotorik, terampil memanfaatkan TIK untuk proses pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari
V.          Media yang Dapat Digunakan Dalam Pembelajaran Berbasis ICT
Beberapa media yang dapat digunakan dalam pembelajaran berbasis ICT, adalah:
a. Internet
Internet adalah media sesungguhnya dalam pendidikan berbasis TI, karena    perkembangan internet kemudian muncul model-model e-learning, distance learning, web base   learning, dan istilah pendidikan berbasis TI lainnya. Internet merupakan jaringan komputer global yang mempermudah, mempercepat akses dan distribusi informasi dan pengetahuan (materi pembelajaran) sehingga materi dalam proses belajar mengajar selalu dapat diperbaharui. Sudah seharusnya dalam penerapan pendidikan berbasis TI tersedia akses internet.
b. Intranet
Apabila penyediaan infrastruktur internet mengalami suatu hambatan, maka intranet dapat dijadikan alternatif sebagai media pendidikan berbasis TI. Karakteristik intranet hampir sama dengan internet, hanya saja untuk area lokal (dalam suatu kelas, sekolah, gedung, atau antar gedung). Model-model pembelajaran sinkron dan tidak sinkron dapat dengan mudah dan lebih murah dijalankan pada intranet. Pada kondisi-kondisi tertentu intranet justru dapat menjadi pilihan tepat dalam menerapkan pendidikan berbasis TI.
c.
Mobile Phone
Pembelajaran berbasis TI juga dapat dilakukan dengan menggunakan media telpon seluler, hal ini dapat dilakukan karena kemajuan teknologi telpon seluler yang pesat. Seseorang bisa mengakses materi pembelajaran, mengikuti pembelajaran melalui telpon seluler. Begitu canggihnya perkembangan teknologi ini sampai memunculkan istilah baru dalam pembelajaran berbasis TI yang disebut M-learning (mobile learning).
d. CD-ROM/Flash Disk
 Media CD-ROM atau flash disk dapat menjadi pilihan apabila koneksi jaringan internet/intranet tidak tersedia. Materi pembelajaran disimpan dalam media tersebut, kemudian dibuka pada suatu komputer. Pemanfaatan media CD-ROM/flash disk merupakan bentuk pembelajaran berbasis TI yang paling sederhana dan paling murah.
VI.          Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran Berbsis ICT
Internet and Communication Technology (ICT) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu
1.      Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam  mengolah kata,
2.      Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan(science),
3.      Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran(literacy).
Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untukmenguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini posisi teknologi tidakubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai: fasilitator, motivator,transmitter, dan evaluator. Sebagai bagian dari pembelajaran, teknologi/ICT memiliki tiga kedudukan, yaitu sebagaisuplemen, komplemen, dan substitusi (Riyana, 2008).
Daftar Pustaka
Hana. Media Pembelajaran Berbasis TIK. Diakses pada 27 Maret 2018 di https://hanaplaygirls.wordpress.com/media-pembelajaran-berbasis-tik/
Riadi, Rahman. 2015.  Pengertian Pembelajaran Berbasis TIK. diakses pada 27 Maret 2018 di http://rakhmanriadi.blogspot.co.id/2015/06/pengertian-pembelajaran-berbasis-tik.html?m=1

0 komentar:



Posting Komentar